Selasa, 02 April 2013

GUA MAMPU

GUA MAMPU

GUA MAMPU
GUAM MAMPU


Gua mampu
Objek wisata  Gua mampu terletak di Desa Cabbeng kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Merupakan sebuah kawasan yang memiliki keunikan tersendiri dan panorama alam yang sangat indah. Dengan didukung falisitas yang memadai membuat anda bersama keluarga semakin betah. Jalan menuju ketempat ini mulus dan dapat dijangkau oleh segalah jenis kendaran darat. Kawasan ini berada di lereng Gunung Mampu dengan ketinggian 250m dari permukaan laut. Kalau anda berada di puncak Gunung Manpu maka akan terlihat Teluk Bone.Anda akan merasa menyesal bila tak sempat berkunjung disalah satu wisata alam Kabupaten Bone. sengan jarak 30 km dari kota Watampone. Bila anda menyusuri Gua Mampu decak kagum akan terlintas dalam benak , betapa tidak ?? stalagtit dan talagmit begitu indah dan segalah jenis batu yang menurut legenda merupankan batu kutukan.
Gua Mampu.
Gua Mampu
Gua Mampu merupakan Gua terluas di Selawesi Selatan. Gua Mampu memilki luas sekitar 2.000 meter persegi.Decak kagum pun terlintas dalam hati saat mendatangi salah satu objek wisata ini. Disaran kan buat teman-teman yang ingin berkunjung ke Gua Mampu  agar membawa alat penerang supaya lebih memuaskan walaupun dilokasi tersebut terdapat tempat penyewaan alat  penerang berupa Obor atau pelita.biasanya tempat ini ramai pada hari hari libur, dan hari besar keagamaan, menjadi hari-hari yang ditunggu anak-anak ini. Pada saat-saat itu  pengunjungnya membludak, yang artinya mendatangkan rezeki lebih banyak buat mereka.
GUA MAMPU
GUA MAMPU
Sayangnya, obor bambu yang banyak dipakai ini, asapnya menyisakan arang hitam yang menempel di atap dan dinding gua. Sehingga kesan kotor, sulit dihindari.
Gua Mampu Namun meski demikian, kawanan kalelawar yang bersarang di gua ini,masih setia mendiami Gua Mampu. Bahkan kehadirannya yang telah puluhan tahun ini, mewarnai Gua Mampu. Kesakralan Gua Mampu, masih terjaga hingga kini. Tinggal bagaimana masyarakat sekitar gua, menjaga cerita legenda yang menghiasi gua ini.. Bongkahan batu yang mirip manusia, binatang, dan lainnya, memang banyak ditemui di dalam gua ini. Gambaran ini bak diorama kehidupan manusia di jaman dulu, di masa-masa Kerajaan Mampu.Legenda yang berkembang tentang Gua Mampu ini, juga ditemui dalam lontar Bugis kuno, yang berkisah tentang perkampungan yang terkena kutukan sang dewata. Di dalam Gua Mampu, juga ditemui stalagtit dan stalagmit,yang menambah keindahan interiornya.
Gua Mampu
GUA MAMPU
GUA MAMPU
Gua Mampu
Gua yang terbentuk dari proses alam, selama ratusan tahun ini, belum seluruhnya berhasil ditelusuri. Bahkan belum separuhnya. Baru 700 dari 2000-an meter persegi yang berhasil dilihat. Namun demikian, cerita legenda yang berkembang pada masyarakat tentang Gua Mampu, telah membuat gua ini dikunjungi banyak orang. Motivasinya macam-macam.ada yang sekedar melihat-lihat, ada pula yang mencari berkah,yang rela bermalam di dalam gua.
GUA MAMPU
GUA MAMPU
Gua Mampu

0 komentar:

Posting Komentar