Rabu, 03 April 2013

TAMAN NASIONAL WASUR

TAMAN NASIONAL WASUR

 

Taman Nasional Wasur merupakan objek wisata dari salah satu kota di Kabupaten Merauke . perjalan menuju taman wasur pun tergolong mudah hanya menempuh kurang lebih 1jam dari kota Merauke. pemandangan yang indah sepanjang perjalan ke taman nasional wasur begitu mempesona hamparan hutan basah dan yang paling menakjubkan mata karna disini juga terdapat sarang semut raksasa.

 

 Taman Nasional Wasur merupakan perwakilan dari lahan basah yang paling luas di Papua/Irian Jaya dan sedikit mengalami gangguan oleh aktivitas manusia.
Sekitar 70 persen dari luas kawasan taman nasional berupa vegetasi savana, sedang lainnya berupa vegetasi hutan rawa, hutan musim, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan rawa sagu yang cukup luas
Keanekaragaman hayati bernilai tinggi dan mengagumkan di Taman Nasional Wasur, menyebabkan kawasan ini lebih dikenal sebagai “Serengiti Papua”.

Taman Nasional Wasur Merauke, ada banyak satwa yang berbeda dari bagian nusatara Indonesia lainnya, apalagi kalau bukan karena di taman nasional ini banyak dihuni oleh hewan yang dipengaruhi oleh daratan australia, atau khas disebut sebagai hewan australasia. umumnya mereka berciri khas sebagai hewan berkantung.


Taman nasional wasur yang terletak di pesisir selatan papua pun cocok menjadi jalur perlintasan burung-burung migrasi. Saat musim dingin di Eropa atau Australia, burung burung datang kesini untuk menghangatkan diri dan mencari makan. Puas dengan fauna, masih ada flora yang harus dikunjungi, kalian juga  melihat "busuknya" tanaman Amorphopalus yang ada di Taman Nasional Wasur.

Taman Nasional Wasur juga bisa ditemukan tempat pelestarian satwa . disana kita bisa temukan beberapa jenis hewan lindung seperti Rusa, Kangguru, Kasuari, dan masih banyak fauna lainya.


1 komentar:

Posting Komentar